Lubang Sewu, Wisata Baru di Wonosobo

Sudah tahu belum kalau di Wonosobo ada tempat wisata ‘baru’ yang lagi ngehits banget? Yapzz LUBANG SEWU namanya. Lubang sewu adalah nama yang diberikan oleh masayarakat sekitar karena batu-batu yang ada di sana berlubang-lubang, hampir seperti sponge alias batu karang di bawah laut. Uniknya tempat ini hanya bisa dinikmati keindahannya saat musim kemarau dan  ketika air bendungan surut.

lubang sewu wadaslintang wonosobo

Keunikan Lubang Sewu

Ada fenomena alam unik yang terjadi di Lubang Sewu, karena di sana ada bebatuan kapur yang membentuk pola-pola unik seperti pahatan yang indah. pola itu terjadi karena bebatuan kapur tersebut sebagai tempat aliran air menuju bendungan selama bertahun-tahun yang lama-kelamaan terkisis air menjadi seperti batu karang.

Yang menambah keunikan Lubang Sewu ini adalah letaknya yang berada di Bendungan/waduk buatan yaitu waduk wadaslintang, karena biasanya bebatuan seperti ini letaknya di tepi pantai.

lubang sewu wadaslintang wonosobo

Disarankan jika ingin ke wisata Lubang Sewu ini lebih baik pagi atau sore hari, karena jika siang hari cuacanya sangat terik, dan tentunya saat musim kemarau, karena kalau musim penghujan sebagain bebatuan di lubang sewu tenggelam air waduk.

Fasilitas di wisata Lubang Sewu

Di sekitar Wisata lubang sewu tersedia faslilitas seperti, kamar mandi /WC , tempat parkir yang luas, warung makan / minum banyak berdiri di sekitar wisata, ada jasa keliling area waduk Wadaslintang dengan perahu, jasa rental tonsing juga ada, heee…

Akses Menuju Lubang Sewu

Lubang Sewu terletak di desa Erorejo, kawasan Bendungan/waduk Wadaslintang, kabubaten Wonosobo (tepatnya di sbelah utara area bendungan).

Rute menuju Lubang Sewu: Jika Anda dari selatan ( Kabupaten Kebumen ), tepatnya di kecamatan prembun, maka dari pertigaan Terminal Prembun ke Utara melalui jalan Wadaslintang. Setelah sampai area Bendungan Wadaslintang terus belok kanan menelusuri are bendungan,  Setelah sampai sebelah utara bendungan, sebelah kiri ada gapuro masuk area Lubang Sewu.  jaraknya skitar 23 KM dari Prembun sampai desa Erorejo.

HTM: Rp2000 /orang (Oktober 2015) dan biaya parkir Rp2000 (motor)

Hemm.. gimana? Sudah ada rencana menghabiskan liburan bersama keluarga? Tak ada salahnya mencoba berwisata ke Lubang Seweu ini mumpung masih musim kemarau dan air waduk belum bertambah dan tentunya wisata ini masih fresh.

 

Jadibaru

Orang bijak selalu tinggalkan jejak, :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *