Pengertian Desktop, Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook dan Lifebook

Perkembangan di dunia perkomputeran saat ini sangat cepat, kalo kita tak mengikuti dengan cepat juga maka akan ketinggalan. tentang hal mendasar antara netbook dan notebook juga masih banyak yang bingung, nah berikut Pengertian dan perbedaan Desktop, Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook dan Lifebook.

Desktop (computer) artinya (komputer yg diletakkan) di atas meja (desk = meja, top = di atas).
Sedangkan laptop (computer) adalah (komputer yg diletakkan) di atas pangkuan (lap = pangkuan. Ingat istilah “lap dance” kan? yaitu tarian yang dilakukan di… :-D)

Secara umum, laptop adalah komputer portable yang peletakannya saat digunakan bisa di atas pangkuan kita. Entah dari mana asal kata notebook, tapi di awal2 dulu, notebook dan laptop sama saja maksudnya.

Sedangkan netbook adalah notebook yang lebih kecil. Ya ukurannya, ya speknya. Misal prosesornya menggunakan prosesor Intel Atom yang lebih cocok untuk tablet/PDA. Untuk memangkas ukuran, drive untuk DVD tidak ada di netbook. Untuk pekerjaan kantoran (menggunakan MS Office saja misal), netbook masih mencukupi. Tetapi saat perlu pekerjaan image/multimedia (Photoshop, misal), notebook lebih cocok.

Ultrabook adalah notebook yang berukuran sangat tipis.

Lifebook adalah nama varian dari salah satu merk laptop (Fujitsu atau Asus?), sama seperti Portege atau Satellite dari Toshiba atau Vaio-nya Sony.

Itulah sedikit penjelasan tentang Pengertian Desktop, Laptop, Notebook, Netbook, Ultrabook dan Lifebook, emoga tidak tambah bingung,

Jadibaru

Orang bijak selalu tinggalkan jejak, :)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *