5 Fitur Baru Android Versi 5.0 Lollipop

Android Versi 5.0 Lollipop | Teka-teki nama yang akan dipilih Google untuk generasi terbaru Android akhirnya resmi diungkap. Setelah sekian lama disebut sebagai Android L, akhirnya nama Lollipop diusung sebagai nama julukan bagi Android 5.0.

Perusahan yang berpusat di Mountain View, California itu sebelumnya diprediksi bakalan memakai nama Licorice dan Lime Miringue Pie (LMP) untuk nama julukan Android 5.0. Lollipop sendiri sudah lama digadang-gadang bakalan jadi nama seri terbaru Android.

Google memang telah terbiasa memakai nama hidangan penutup untuk julukan di tiap versi sistem operasi Android. Serunya, perusahaan itu memilih nama hidangan penutup sesuai urutan abjad seperti Cupcake, Donuts, Eclair hingga Lollipop.

Baca juga >> Nama versi Android dari awal Hingga sekarang

Pada Lollipop, Google menghadirkan perubahan visual yang sangat signifikan dibandingan Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) yang dirilis pada tahun 2011 lalu.

Tak hanya itu, Android Lollipop juga dibekali kemampuan integrasi antar perangkat seperti smartphone, tablet dan smartwatch berbasis Android.

Android Lollipop rencananya bakalan tersedia pertama kali untuk keluarga baru Nexus yang diluncurkan seperti Nexus 6 dan Nexus 9.

Apa saja sih kelebihan dari Android versi 5.0 Lollipop? Berikut 5 fitur baru yang disematkan oleh Google di Android versi 5.0 Lollipop seperti yang dilansir laman Tech Buffalo:

Fitur baru android 5.0 lollipop

1. Material Design

Google membuat perubahan yang sangat besar pada sektor tampilan antarmuka. Kini di Android 5.0 Lollipop tampil lebih berwarna dan responsif. Google mendeskripsikan antarmuka Material Design pada Lollipop seperti ‘cairan, yang bergerak dengan tujuan pasti’.

Meski berubah secara signifikan, namun para pengguna Android dijamin tidak akan kesulitan menavigasikan Android Lollipop. Sebagian aspek desain masih akan sangat akrab dengan pengguna.

2. Notifikasi

Fitur notifikasi selalu menjadi yang terpenting pada sebuah sistem operasi mobile. Android dikenal sebagai salah satu yang terbaik. Dan di Lollipop, fitur notifikasi telah diperbaharui menjadi semakin baik dan mudah dinavigasi pengguna.

Bila Anda sedang menonton video, kini Anda dapat mengatur apakah notifikasi akan dimunculkan atau tidak. Selain itu kini juga tersedia fitur Priority yang berfungsi layaknya fitur Apple Do Not Disturn di iPhone. Hebatnya lagi, notifikasi di Lollipop bisa Anda akses melalui halaman lockscreen.

3. Hemat baterai

Android Lollipop digadang-gadang menjadi jalan keluar terbaik bagi masalah borosnya daya baterai sebuah perangkat Android. Fitur penghematan baterai pada Lollipop diklaim mampu memperpanjang daya baterai perangkat selama 90 menit.

Di Lollipop juga tersedia notifikasi khusus terkait berapa lama perkiraan waktu daya tahan baterai yang tersisa, dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengisi ulang daya baterai sampai penuh.

4. Device sharing

Kini perangkat Android Anda dapat terintegrasi dengan banyak perangkat. Tak hanya berbagi konten, kini Anda juga dimungkinkan untuk berbagai tampilan layar dengan perangkat lain yang sama-sama berjalan di atas platform Android.

5. Keamanan

Isu keamanan menjadi yang terpenting bila kita membicarakan ekosistem perangkat Android. Menurut keterangan Google, kini Android Lollipop sudah mengadopsi sistem keamanan terenkripsinsi secara default. Aplikasi yang dijalankan juga akan berjalan di atas sistem SELinux. Sistem ini diklaim anti malware.

Selain itu, Android Lollipop juga telah dilengkapi dengan fitur keamanan Android Smart Lock. Fitur ini akan menintegrasikan keamanan dua perangkat, salah satu perangkat hanya akan bisa dibuka bila diakses melalui perangkat pasangannya.

Itulah ringkasan mengenai Android versi terbaru yaitu Android versi 5.0 yang diberi nama Android Lollipop, dan beberapa fitur terbaru yang diusung oleh Android versi 5.0 (Lollipop). Semoga segera dapat merasakan mencoba android Lollipop versi terbaru ini.

Jadibaru

Orang bijak selalu tinggalkan jejak, :)

You may also like...

1 Response

  1. Johan says:

    Berapa lama sisa waktu buat ngecharge oke sih. Bisa prediksiin kalau mau pergi-pergi dengan keadaan batere penuh. Handy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>